Cara Live Streaming Winamp – WHMSonic Shoutcast

Hallo Sobat Ant,

Setelah di artikel sebelumnya kita membahas bagaimana Cara Setup AutoDJ di WHMSonic Shoutcast ,  sekarang kita akan mencoba untuk Live Streaming di WHMSonic Shoutcast dengan menggunakan Winamp.

Sebelum melangkah ke tutorialnya, anda perlu untuk men-download software-software berikut kemudian menginstallnya :

  • Winamp – Download di sini
  • Plugin Winamp – Shoutcast DSP – Download di sini

Oke, setelah anda menginstall kedua software tersebut kita lanjut ke langkah-langkah untuk bisa live streaming via Winamp di WHMSonic Shoutcast.

Catatan : yang digunakan di tutorial ini winamp v.5.666 dan Shoutcast DSP v.2.3.5.

  1. Silahkan login terlebih dahulu ke panel WHMSonic. Setelah berada di panel tersebut pilih menu DJ Manager yang berada di dalam menu Management
  2. Silahkan buat user DJ yang anda inginkan. User DJ ini tidak dibatas jadi anda bisa membuatnya berapapun yang anda mau. List user DJ yang sudah anda buat akan terlihat dibawahnya. 
  3. Jalankan winamp, kemudian tekan Ctrl+P atau pilih menu Preferences -> Plug-ins – > DSP/Effect. 
  4. Pilih SHOUTcast Source DSP v.2.3.5 lalu klik tombol Configure active plug-in dibawah. Maka akan muncul Form Shoutcast Source DSP.
  5. Klik Tab Output lalu dibawahnya klik tab Login. Isikan server IP yang ada di Home menu panel WHMSonic. untuk DJ/User ID, Password dan Port disesuaikan dengan user DJ yang sudah anda buat. 
  6. Klik tab Directory dan isi informasi mengenai Radio Streaming anda.  
  7. Klik tab Encoder. Untuk Encoder type pilih Mp3 dan untuk Encoder Setting, bitratenya biarkan dulu default jika nanti ketika sudah aktif terasa suara yang dihasilkan tidak enak didengar silahkan dirubah bitrate-nya disini. 
  8. Jalankan file musik di winampnya kemudian klik tombol Connect. Jika koneksinya berhasil maka status akan menampilkan status “sent” dan tombol Connect akan berubah menjadi Disconnect.  
  9. Silahkan buka kembali panel WHMSonic anda dan lihat di halaman Home maka disana akan terlihat file musik/lagu yang sedang dijalankan akan sesuai dengan apa yang sedang di-play di winamp anda. 
  10. Sampai disini anda sudah berhasil live streaming dengan menggunakan file musik yang anda tentukan dan jalankan di winamp.
  11. Selanjutnya jika anda ingin live streaming dari microphone contohnya anda ingin interaktif memberikan pembicaraan tertentu, anda hanya perlu merubah settingan di Shoutcast Source DSP yang tadi. Di tab menu Input untuk Input Device anda pilih Soundcard Input. Microphone-nya harus terhubung dengan laptop/PC anda. Untuk settingan bitrate dan sebagainya silahkan disesuaikan.  

Note : Ketika WHMSonic anda sedang menjalankan AutoDJ tidak perlu repot untuk mematikannya terlebih dahulu untuk Live Streaming, karena ketika kita menjalankan mode Live Streaming maka otomatis AutoDJ akan berhenti dan akan berjalan kembali jika anda sudah selesai Live Streaming.

Oke, gimana? Sudah siap jadi DJ ? Belum punya Radio Online Streamingnya ? Silahkan daftar DISINI.

Selamat berkreasi !

Support – Antmediahost.com

Facebook Comments

About the Author: Fadli Aziz