Levelisasi Domain

Level (Tingkat) pada Domain
Level atau tingkatan pada domain terbagi menjadi tiga, yaitu : top level, second level, dan third level domain. Pembahasan mengenai hal tesebut adalah sebagai berikut.

1. Top Level Domain
Domain tingkat atas (top level domain) tervafi lagi menjadi tiga jenis, yaitu domain generik (generic domain), domain negara (country domain), dan domain ARPA.
Domain Gernerik adalah domain yang umum digunakan oleh lembaga atau organisasi sebagai pembeda jenis lembaga atau organisasi tersebut, seperti gov, net, dan edu.
Domain Negara (Country Domain) merupalan standar pembagian geografis berdasarkan kode negara, sebagai contoh : id untuk indonesia, uk untuk Inggris, dan de untuk Jerman.
Domain ARPA merupakan domain untuk jaringan ARPA net. Jadi, tiap domain yang terhubung ke internet berhak memiliki home-space.in-add.arpa sesuai dengan IP-nya masing-masing.
2. Secon Level Domain
Pada second level domain, alamat internet dapat host atau domain lainnya, yang disebut dengan sub domain. Pada umumnya, sub domain di sebelah kiri top level domain. Contoh penamaan second level domain pada domain generik untuk umum adalah liakk.com, catcha.com, dan astaga.com. Adapun untuk second level domain setiap negara, pada umumnya diserahkan pada kebijakan pengelola domain di negara masing-masing.

3. Third Level Domain
Penamaan pada third level domain diserahkan pada pengelola jaringan masing-masing, misalnya indosat.net.id, melsa.net.id, dan kompas.co.id

Facebook Comments

About the Author: blogadmin