Apakah Fungsi SSL Secure Socket Layer

Apa itu SSL?

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, juga dikenal dengan istilah Transport Secure Layer (TLS). Jadi SSL adalah protokol standar Web untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna system atau aplikasi berbasis website. Data yang dikirim melalui sambungan SSL dilindungi oleh enkripsi, suatu mekanisme yang mencegah eavesdropping dan sabotase data yang ditransmisikan apapun.

Mengapa Menggunakan SSL

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL. Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

Siapa Saja Pengguna SSL

Biasanya SSL digunakan oleh server, website atau aplikasi berbasis website yang proses kerja nya berhubungan dengan transaksi data antar server dan client, contohnya yang sering kita jumpai misalkan website e-commerce, internet banking, sosial media dll.

Facebook Comments

About the Author: blogadmin