Update Versi Terbaru Microsoft Outlook

Di era digital ini, semua hal hampir dapat diselesaikan dengan cara online, baik itu berbelanja, bersosial media maupun berkomunikasi. Bagi anda yang sering berkomunikasi menggunakan email tentu tidak asing lagi dengan mail client MS , dengan menggunakan mail client sangat memudahkan kita berkomunikasi dengan email.

MS Outlook sendiri sudah beberapa kali memberikan update kepada para penggunanya untuk meningkatkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Microsoft sangat menyadari bahwa keamanan adalah hal utama di dunia internet. Maka dari itu, semua sistem yang masih rentan dan tidak support dari segi keamanan akan diupdate. Untuk meningkatkan best-in-class encryption bagi para pelanggan. Microsoft sejak 31 Oktober 2018 tidak lagi mendukung Transport Layer Security (TLS) versi 1.0 dan 1.1 pada Office 365.
Hal ini bukan berarti Microsoft akan menutup (block) koneksi TLS 1.0 dan 1.1, akan tetapi Microsoft tidak lagi memperbaiki masalah baru yang ditemukan pada client, device, maupun layanan yang terhubung ke Office 365 TLS 1.0 dan 1.1.

Fungsi Transport Layer Security

TLS adalah sebuah protokol kriptografi yang didesain khusus untuk menyediakan komunikasi yang aman antar jaringan komputer. Didalam Internet Protocol, TLS dan SSL melakukan enkripsi pada Application layer. Hasil enkripsi kemudian diberikan ke Transport Layer untuk dilanjutkan proses pengiriman data.

Apakah dampaknya jika Microsoft tak lagi Support TLS 1.0 dan 1.1 ?

Saat ini, SSL memiliki 5 tingkatan dari yang paling lama hingga terbaru, yakni SSLv2, SSLv3, TLSv1.0, TLSv1.1, dan TLSv2. Windows 7 ke bawah hanya mendukung SSLv3. Sedangkan Windows 7 hanya mendukung partial/setengah dari TLS 1.0. Jika pengguna ingin Windows mendukung sepenuhnya versi TLS yang terbaru yakni TLS 1.1 dan 1.2, maka ia harus segera melakukan upgrade.

Demikian pula dengan mail server yang menggunakan cPanel sebagai control panelnya, saat ini default cPanel hanya mendukung TLS 1.1 dan 1.2. Jika pengguna ingin Outlook-nya tetap terkoneksi dengan baik via mode SSL, maka pengguna harus upgrade minimal ke Windows 8 atau Windows 10 dengan Outlook 2013. Atau, sebagai alternatif Outlook anda bisa gunakan Mozilla Thunderbird, Mailbird, Windows Mail, dan sebagainya yang sudah menggunakan versi terbaru.

Url berikut adalah tata cara update Microsoft Office anda :

https://support.office.com/id-id/article/bagaimana-cara-memperbarui-office-ee68f6cf-422f-464a-82ec-385f65391350
https://support.office.com/id-id/article/menginstal-pembaruan-office-2ab296f3-7f03-43a2-8e50-46de917611c5

Facebook Comments